-->

Struktur Web

Tempatnya belajar pemrograman web, html, css, php, mysql.

21 September 2015

Memformat Dokumen HTML

loading...

A. Bagian Body


Pada bagian tag <body> digunakan untuk mendefinisikan teks beserta formatnya yang hendak ditampilkan sebagai isi halaman web. Di dalam tag ini bisa  diletakkan  berbagai  page  atribut  seperti  bgcolor,  background,  text,  link, vlink, alink, leftmargin dan topmargin.

memformat dokumen html

Berikut beberapa page atribut beserta fungsinya :
  • Background  :  digunakan  untuk  mengatur  latar  belakang  dengan gambar/image.
  • Bgcolor  :  digunakan  untuk  mengatur  warna  latar  belakang dokumen, dengan warna putih sebagai default-nya.
  • Teks  :  digunakan  untuk  mengatur  warna  teks  dokumen, dengan warna hitam sebagai warna default.
  • Link  :  Untuk  mengatur  warna  link  dokumen  dengan  warna biru sebagai warna default
  • Vlink  :  Untuk  mengatur  warna  visited  link  dokumen  dengan default ungu
  • Alink  :  digunakan untuk mengatur warna active link dokumen dengan default merah.

B. Membuat Heading


Heading digunakan untuk mengatur ukuran huruf pada header. Tag heading <Hn>..</Hn>, "n" mempunyai nilai antara 1 - 6 atau antara <H1> sampai <H6>, dengan <H1> merupakan ukuran terbesar dan <H6> merupakan ukuran terkecil.

Baca juga :  Cara membuat judul / heading di HTML

C. Memformat Paragraf 


Dalam membuat paragraf, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Dengan adanya perbedaan browser web yang berjalan pada komputer yang berbeda, memiliki kemampuan untuk menampilkan grafis yang berbeda sehingga menyebabkan dokumen yang ditampilkan juga ikut berbeda-beda.

Seperti pada pembuatan paragraf pada HTML ini akan berbeda letaknya untuk browser web yang memiliki ukuran satu halaman penuh dan yang tidak. Untuk membuat paragraf ini digunakan tag <P>, hal yang perlu dicatat adalah tag <P> ini akan mengabaikan spasi dan pindah baris. Dalam pembuatan paragraf pun, kita bisa menggunakan atribut ALIGN untuk mengatur letak paragraf, rata kiri, tengah ataupun rata kanan. Attribut align mempunyai nilai: LEFT, RIGHT, CENTER dan JUSTIFY.

Baca juga : Cara membuat paragraf di HTML ( Tag <p> )

D. Line Breaks


Line breaks digunakan untuk menambahkan baris baru pada teks dalam dokumen HTML dengan cara menambahkan tag <BR>. <CENTER> digunakan untuk membuat teks dalam posisi di tengah. Setiap teks yang terdapat diantara <CENTER> dan </CENTER> akan ditempatkan di tengahtengah margin kiri dan kanan.

E. Teks Preformat


Berbeda dengan pembuatan  paragraf  yang  mengabaikan setiap tambahan spasi, tag <PRE> ini akan membuat spasi  ikut diperhitungkan. Dengan kata lain tag <PRE> akan menampilkan teks pada halaman web sesuai dengan yang kita tuliskan dan dengan tag ini data tabular dapat dibuat. Biasanya spasi dan tab ini digunakan untuk membuat baris dan kolom, yang membutuhkan banyak spasi untuk membuat urutan baris dan kolom.

F. Memformat Bentuk Tulisan


Untuk pengaturan teks, terdapat beberapa tag yang dapat digunakan. Cara menggunakannya adalah awali dengan <tag>, terus masukkan tulisan yang akan diatur dan akhiri dengan </tag>. Tag-tag yang dapat digunakan untuk mengatur teks adalah :
Tag
Fungsi
<B> Bold text
<I> Italic text
<U> Underscore
<TT> Typewriter
<S> Strikeout - draws a line through the text
<BLINK> Text berkedip (lebih baik jangan digunakan)
<CITE> Digunakan untuk quoting text
<BIG> Ukuran teks akan lebih besar satu ukuran
<SMALL> Ukuran teks akan lebih kecil satu ukuran
<SUP> Membuat teks superscript
<SUB> membuat teks sub script
<ABBREV> Abbreviations
<ACRONYM> Untuk akronim
<PERSON> Digunakan untuk indexing
<Q> Membuat short inline quotation
<VAR> Membuat variable name, selalu dalam italics

G. Tag Font


Tag <FONT> digunakan untuk mengatur huruf dokumen HTML. Tag FONT mempunyai attribut, yaitu: SIZE, FACE, COLOR.
  • SIZE : Digunakan untuk mengatur ukuran font. Ukuran font yang digunakan berkisar antara 1 - 7 dengan 1 merupakan ukuran terkecil dan 7 merupakan ukuran terbesar.
  • FACE : Digunakan untuk mengatur jenis atau nama font. Anda bisa memilih maksimal 3 jenis font yang masing-masing dipisahkan oleh koma. Bila terdapat spasi yang terletak pada nama font maka harus digunakan tanda garis bawah (_). Dalam memilih jenis font ini harus dipertimbangkan apakah font yang kita gunakan pada halaman web kita nantinya akan terdapat pada komputer pengguna yang lain (pengakses web kita). Pendeknya kita tidak usah menggunakan font-font yang bentuknya aneh-aneh, gunakan saja font standar. Tapi bila Anda ingin menggunakan font yang sedikit "aneh" Anda bisa menggunakan graphic.
  • COLOR : Digunakan untuk mengatur warna font. Didefinisikan dengan menggunakan nilai RGB/HEX atau bisa juga langsung menggunakan nama warna (red misalnya).

H. Karakter Spesial


Terdapat empat karakter yaitu tanda lebih kecil (<), tanda lebih besar (>), tanda dan (&) dan kutip ganda (“), yang mempunyai arti khusus dan digunakan sebagai kode dalam HTML sehingga tidak dapat digunakan secara langsung sebagai teks dalam dokumen HTML kita. Untuk menggunakan karakter-karakter di atas ke dalam dokumen HTML, diperlukan suatu karakter spesial untuk menggantikan karakter-karakter di atas. Karakter spesial tersebut antara lain :
Kode
Keterangan
&lt; karakter spesial untuk <
&gt; karakter spesial untuk >
&amp; karakter spesial untuk &
&quot; karakter spesial untuk "
&#64; karakter spesial untuk @
&#169; karakter spesial untuk ©
&copy; karakter spesial untuk ©
&#174; karakter spesial untuk ®
&reg; karakter spesial untuk ®
&nbsp; karakter spesial untuk spasi yang tak dapat dipecah

I. Membuat Garis Horizontal


Tag <HR> digunakan untuk membuat garis horizontal pada jendela browser. Defaultnya adalah membuat garis yang solid.Tag ini mempunyai atribut SIZE, WIDTH, ALIGN dan NOSHADE.
  • <HR NOSHADE> digunakan untuk membuat garis yang tidak ada efek bayang-bayang 3-D.
  • <HR SIZE=ukuran> untuk menentukan panjang garis dalam satuan pixel, default 2.
  • <HR WIDTH=ukuran atau persentase> untuk menentukan ketebalan garis.
  • <HR ALIGN=LEFT atau RIGHT atau CENTER> untuk membuat garis dengan letak sebelah kiri (left), kanan (right) atau tengah (center-default). 

J. List


Daftar/list adalah merupakan kumpulan teks yang disusun sedemikian rupa sehingga item-item yang ada memiliki nomor urut atau bisa juga berupa tanda-tanda khusus/simbol. Terdapat tiga tipe list yang dapat digunakan, yaitu:
  • List Tanpa Urutan (Unordered Lists) 
Tag <UL> untuk membuat daftar item dengan tanda bullet (tidak bernomor). List entri didefinisikan dengan tag <LI>. Pada jenis ini tidak memerlukan pengurutan data. Kita juga dapat menentukan jenis bullet yang akan digunakan dengan menentukan type-nya. Beberapa tipe yang dapat dipilih ditunjukkan pada tabel di bawah ini :
Disc         Bullet berbentuk cakram
Circle       Bullet berbentuk lingkaran
Square     Bullet berbentuk kotak

    • List Berurut (Ordered Lists)
    <OL> Juga digunakan untuk membuat daftar item bernomor, dengan tiap item dapat menggunakan angka arab atau romawi. List entri juga didefinisikan dengan tag <LI>.
    Atribut yang ada pada Ordered List adalah TYPE dan START. Beberapa type penomoran yang dapat digunakan pada ordered list ditunjukkan seperti di bawah ini :

    I       Angka ditampilkan dalam angka romawi huruf besar
    i       Angka ditampilkan dalam angka romawi huruf kecil
    a      Angka ditampilkan dalam abjad huruf kecil
    A      Angka ditampilkan dalam abjad huruf besar

    Pada tag <OL> juga terdapat atribut START untuk memulai list dari nomor tertentu. Pada tag <LI> terdapat atribut VALUE untuk melewati nomor yang tidak diinginkan.

    Baca juga :  Cara membuat List / Daftar di HTML

    K. Defenition List


    Definition lists biasanya digunakan untuk membuat suatu list singkatan dan definisinya atau istilah-istilah. Definition List dinyatakan dengan tag <DL> dan diantara tag tersebut ditambahkan tag <DT> Definition Term yaitu bagian istilah yang dijabarkan dan tag <DD> Definition Data yang merupakan penjabaran dari istilah.

    L. List Bersarang (Nested Lists)


    Dalam pembuatan list bersarang menggunakan tag-tag yang telah dijelaskan sebelumnya seperti tag <UL>, <OL> dan <LI>.
    loading...
    Author Profile

    About Unknown

    0 Komentar Memformat Dokumen HTML

    Post a Comment

    Back To Top