-->

Struktur Web

Tempatnya belajar pemrograman web, html, css, php, mysql.

27 August 2015

Mengenal Apa Itu HTML?

loading...
Apa kabar sobat Strukturweb? Sebelum kita mulai mempelajari HTML dasar secara bertahap, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu HTML. Jika seseorang ingin belajar cara membuat website, maka yang harus dia kuasai pertama kali adalah HTML. Kenapa? Karena HTML sendiri merupakan dasar dari terbentuknya sebuah halaman website. Maka dari itu pada pembelajaran ini kita akan mengenal lebih dalam tentang Apa itu HTML.

Pengertian HTML


Menurut Wikipedia, Hyper Text Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah web browser dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegrasi.

pengertian html

Mengapa disebut Hyper Text? Karena di dalam HTML, sebuah teks biasa dapat memiliki fungsi tersendiri, contohnya kita bisa menjadikan teks biasa menjadi sebuah link sehingga bisa berpindah tempat dari halaman satu ke halaman lainnya hanya dengan meng-klik teks tersebut. Kemampuan teks inilah yang disebut dengan Hyper Text. Kemudian disebut Markup Language karena bahasa HTML menggunakan tanda (mark) yang berfungsi untuk menandai bagian-bagian dari teks, tanda ini dikenal dengan sebutan tag HTML.

HTML sendiri bukanlah sebuah bahasa pemrograman, tetapi lebih tepatnya bahasa markup (markup language). HTML hanya sebuah bahasa struktur yang berfungsi untuk menandai bagian-bagian dari sebuah halaman web. Hal ini sangat berbeda sekali dengan bahasa pemrograman lain pada umumnya, dimana biasanya pada bahasa pemrograman lain kita mempelajari IF, LOOP, variabel, dan lain-lain, namun di HTML tidak.

Untuk membuat sebuah halaman web supaya terlihat lebih dinamis dan keren, kita tidak bisa mengandalkan bahasa HTML saja. Banyak sekali bahasa pemrograman web yang berfungsi untuk memanipulasi kode HTML seperti PHP dan JavaScript. Jika kita membuat website hanya menggunakan HTML saja, maka tampilannya akan terasa hambar. Oleh karena itulah HTML disebut sebagai dasar dari pembuatan halaman web.

Namun, untuk bisa menguasai bahasa pemrograman pendukung lainnya seperti JavaScript dan PHP, langkah pertama yang harus kita tempuh adalah mempelajari HTML dari dasar. Setelah anda menguasai HTML, maka akan lebih mudah untuk mempelajari bahasa pemrograman web lainnya.
Jika anda ingin melihat bagaimana wujud dari kode HTML, silakan klik kanan di bagian manapun dari halaman ini, kemudian pilih Lihat Kode Sumber Laman (View source code). Lalu anda akan dibawa ke halaman baru yang di dalamnya terdapat kode HTML dari halaman ini.

pengertian html

pengertian html

Seperti yang anda lihat pada gambar di atas, semua itu merupakan kode-kode yang dibuat untuk menampilkan halaman ini yang selanjutnya diterjemahkan oleh web browser. Karena file HTML tersebut harus dijalankan melalui aplikasi web browser, pada tutorial belajar HTML selanjutnya kita akan mengenal lebih dekat tentang Fungsi Web Browser.
loading...
Author Profile

About Unknown

0 Komentar Mengenal Apa Itu HTML?

Post a Comment

Back To Top