-->

Struktur Web

Tempatnya belajar pemrograman web, html, css, php, mysql.

27 August 2015

Aplikasi Editor HTML Terbaik Untuk Belajar HTML Bagi Pemula

loading...
Pada artikel sebelumnya kita sudah memahami tentang pengertian web browser dan fungsinya. Jika aplikasi web browser pilihan anda sudah terinstall di komputer, maka yang akan kita persiapkan untuk memulai belajar HTML dasar adalah aplikasi text editor. Aplikasi text editor berfungsi untuk menulis kode HTML, sedangkan web browser akan menerjemahkan kode HTML tersebut. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan aplikasi text editor apa yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Aplikasi Editor HTML Terbaik Untuk Memulai Belajar HTML


Pada dasarnya kode HTML hanya berupa teks biasa yang ditulis dengan kode-kode khusus yang selanjutnya disimpan dengan format file (.html). Setelah itu barulah web browser yang akan mengeksekusi file tersebut dan menampilkannya. Untuk membuat file HTML sederhana sebenarnya kita bisa saja menggunakan aplikasi Notepad bawaan windows, namun tidak memiliki fitur pendukung yang memudahkan kita dalam menulis kode.

aplikasi text editor terbaik untuk menulis kode html

Maka dari itu kita memerlukan aplikasi text editor yang memiliki berbagai fitur untuk mempermudah dalam penulisan kode HTML. Salah satu aplikasi text editor yang menurut saya cocok untuk memulai belajar HTML adalah Notepad++. Dari sekian banyak aplikasi text editor yang ada pada saat ini, Notepad++ merupakan Editor HTML yang paling ringan dan memiliki banyak fitur. Salah satu fitur penting dari aplikasi ini adalah pewarnaan kode (Syntax Highlighting) yang akan mempermudah kita dalam penulisan kode.

Aplikasi Notepad++ tidak hanya bisa menulis kode HTML saja, ada banyak sekali bahasa pemrograman lain yang didukung. Aplikasi ini juga sangat ringan dan memiliki ukuran yang sangat kecil, yakni sekitar 2,8 MB. Namun di balik ukurannya yang kecil, aplikasi ini sangat powerfull dan cocok untuk pemula. Selain dari kelebihan di atas, yang sangat saya sukai dari aplikasi ini adalah kita dapat mendownloadnya secara gratis tanpa membayar lisensinya sedikitpun.

Anda bisa mendownload aplikasi Notepad++ melalui link ini https://notepad-plus-plus.org/download/ dan silakan disesuaikan dengan versi windows anda, apakah 32 bit atau 64 bit. Pada saat artikel ini ditulis, versi terbaru dari Notepad++ adalah versi 7.3.

aplikasi text editor terbaik untuk menulis kode html

Aplikasi Editor HTML Selain Notepad++


Selain Notepad++ ada banyak sekali aplikasi text editor yang juga memiliki fungsi yang sama. Salah satunya yang paling populer saat ini adalah Adobe Dreamweaver. Aplikasi Adobe Dreamweaver memiliki segudang fitur yang akan mempermudah kita dalam pembuatan halaman web. Aplikasi ini terbilang sangat powerfull karena kita tidak hanya bisa menulis kode HTML saja, tetapi juga bahasa pemrograman web lainnya.

Namun, walaupun Adobe Dreamweaver terbilang sangat canggih dan kaya akan fitur keren, saya sangat tidak menyarankan anda untuk menggunakannya untuk belajar HTML dasar. Alasannya selain aplikasi ini tergolong sangat berat, Adobe Dreamweaver tidak bisa digunakan secara gratis alias berbayar. Harganya juga sangat mahal, bisa mencapai jutaan rupiah untuk mendapatkan versi legalnya. Tentu saja hal itu sebanding dengan fitur yang ditawarkan.

Sebagai alternatif, aplikasi text editor gratis lainnya yang bisa anda coba adalah Net Beans, Eclipse, Komodo Edit, Bracket, Atom, dan Aptana Studio. Aplikasi gratis tersebut juga tidak kalah canggihnya dari pada Adobe Dreamweaver. Namun intinya adalah apapun aplikasi text editor yang kita gunakan itu tidak masalah. Karena selama aplikasi tersebut bisa untuk menulis dan menyimpan teks, itu sudah lebih dari cukup untuk belajar HTML. Kita tinggal memilih aplikasi mana yang bisa membuat kita merasa nyaman.

Setelah kita memiliki aplikasi web browser dan text editor di komputer masing-masing, selanjutnya kita akan mencoba untuk membuat dan menjalankan file HTML pertama kita “Hello World”

Tutorial Selanjutnya: Membuat dan Menjalankan File HTML Untuk Pertama Kalinya.
loading...
Author Profile

About Unknown

0 Komentar Aplikasi Editor HTML Terbaik Untuk Belajar HTML Bagi Pemula

Post a Comment

Back To Top